Ranking FIFA Timnas Indonesia Selangkah Lagi Geser Singapura

Ranking FIFA Timnas Indonesia Selangkah Lagi Geser Singapura

Olahraga
Sepak bola

Mubainfo.com - Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Kalahkan Timor Leste, Selangkah Lagi Geser Singapura, Kemenangan 4-1 timnas Indonesia atas Timor Leste membuat skuad Garuda melesat ke peringkat ke-161 dalam ranking FIFA dari sebelumnya peringkat 164.

Timnas Indonesia meraih kemenangan 4-1 atas Timor Leste dalam pertemuan pertama FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022).

Gol Timor Leste diciptakan oleh Paulo Domingos Gali Freitas pada menit ke-34. Sementara, gol balasan timnas Indonesia dicetak Ricky Kambuaya (64'), Pratama Arhan (72'p), lalu dua gol bunuh diri dari Georgino Jose (74') dan Gumairo Augusto (79').

Hasil PSG VS Reims, Lionel Messi Comeback PSG Menang 4-0

Berkat kemenangan ini, timnas Indonesia mendapatkan tambahan poin FIFA sebesar 3,78 poin. Melansir dari Footy Ranking, timnas Indonesia sebelumnya memiliki 993,96 poin. Artinya, skuad Garuda kini mengumpulkan 997,74 poin. Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong kini hanya selisih 3,04 poin dari peringkat ke-160 FIFA, Singapura.

Jika kembali meraih kemenangan atas Timor Leste pada pertemuan kedua Minggu (30/1/2022), timnas Indonesia akan menggeser Singapura di peringkat ke-160. Evan Dimas dan kawan-kawan akan mendapatkan lagi tambahan 3,78 poin apabila menang atas Timor Leste Ahad nanti.

Kenaikan peringkat FIFA memang tengah dibutuhkan timnas Indonesia agar mendapat keuntungan di Kualifikasi Piala Asia 2023. Jika ranking FIFA meningkat, Indonesia bisa masuk ke pot ketiga kualifikasi sehingga bisa terhindar dari grup yang cenderung lebih sulit.

Drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 sendiri dijadwalkan berlangsung pada 24 Februari 2022. Sedangkan, ranking FIFA terbaru akan diumumkan 10 Februari. Timnas Indonesia berpeluang besar menggeser Singapura di pot ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pasalnya, The Lions tidak akan menambah poin pada pekan ini karena absen dalam FIFA Matchday Januari 2022. Faktor yang membuat Singapura absen di FIFA Mathcday karena ketiadaan pelatih kepala setelah Tatsuma Yoshida mundur.

Sementara itu, kenaikan ranking FIFA juga sejalan dengan harapan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. "Pertandingan antara timnas Indonesia dan Timor Leste, tujuannya adalah mempersiapkan diri, dan kami mencari poin di laga pertama dan kedua," kata Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, Kamis (27/1/2022).

"Nanti di situ akan kelihatan berapa naiknya di ranking FIFA. Semoga dua pertandingan sekarang (kemarin) dan tanggal 30 bisa berjalan lancar dan pastinya harus menang," tambahnya. Senada dengan Iriawan, Alfeandra Dewangga juga sebelumnya berharap kemenangan atas Timor Leste dapat meningkatkan ranking FIFA Indonesia.

"Yang pasti kami maunya menang untuk memperbaiki posisi di ranking FIFA, biar posisi bisa naik," ucap Alfeandra Dewangga. (Bagas Reza Murti)

"Ranking FIFA Timnas Indonesia Selangkah Lagi Geser Singapura"

Sumber : bola.kompas.com